ImageKandang Muzaki BAZNAS Provinsi Kalbar
Image

Kandang Muzaki BAZNAS Provinsi Kalbar

Image
Pontianak, Kalimantan Barat
Rp 0 terkumpul dari Rp 1.000.000.000
0 Donasi 5 bulan, 5 hari lagi

Penggalang Dana

Image

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Barat sedang merintis penyaluran zakat secara produktif. Hal ini dilakukan untuk mendorong agar para mustahiq (penerima zakat) dapat bertransformasi menjadi muzakki. Aktivitas yang dilakukan adalah dengan membangun kandang ayam kampung unggulan yang dapat menghasilkan indukan ayam kampung unggulan.

Indukan ayam kampung unggulan tersebut akan didistribusikan kepada mustahiq yang telah mengikuti training dan pendampingan. Para mustahiq juga akan menandatangani komitment agar kelak, jika peternakan mereka berhasil, mereka wajib menyalurkan zakat, infaq dan sedekah dari usaha pertanian/ peternakan.

Program Kandang Muzakki ini dilaksanakan bekerjasama dengan Pondok Tani Munzalan Indonesia (PTMI). PTMI akan membuat kandang indukan ayam kampung unggulan khusus yang diberinama Kandang Muzakki BAZNAS Provinsi Kalbar. Anakan yang dihasilkan dari kandangan indukan tersebut akan dibagikan oleh BAZNAS kepada asnaf fakir, miskin, fiisabilillah, ibnu sabil, muallaf, gharimin, dan amil. Para mustahik yang akan menerima peyaluran tersebut diwajibkan untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh PTMI dan BAZNAS Provinsi Kalbar. Pada tataran teknis, tim dari PTMI yang akan mendampingi mustahiq penerima manfaat, hingga ayam calon indukan tersebut produktif.

Jadi hanya memberi 10 ekor, potensinya bisa menjadi puluhan ribu ekor dalam setahun. Sementara apabila barang yang kita salurkan ke mustahik berupa bahan makanan atau pakaian, maka potensi pertumbuhan tak akan pernah ada. Dengan memberi hewan ternak, maka setiap mustahiq memiliki potensi untuk menjadi muzakki.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Baznas Provinsi Kalbar bekerjasama dengan PTMI berencana akan membangun kandang breeding dengan populasi 35 ekor indukan ayam kampung unggulan. Anakan yang dihasilkan dari 35 ekor indukan tersebut yang akan didistribusikan kepada mustahiq, melalui rangkaian aktivitas training dan pendampingan.

  • Februari, 29 2024

    Campaign is published

Belum ada donasi untuk penggalangan dana ini

Fundraiser

Belum ada Fundraiser

Mari jadi Fundraiser dan berikan manfaat bagi program ini.

Doa-doa orang baik

Menanti doa-doa orang baik

Donasi AjaPowered by DonasiAja
Bagikan melalui:
✕ Close